Iklan

UMBandung

Iklan

UMBandung
,

Iklan

Eco Bhinneka Muhammadiyah dan LAZISMU Kampanyekan Green Idul Fitri!

Redaksi
Minggu, 07 April 2024, 10:29 WIB Last Updated 2024-04-07T03:29:54Z


JAKARTA —
Wujudkan empati dalam menyebarkan kebahagiaan dan perdamaian di momen Idul Fitri, Eco Bhinneka Muhammadiyah selenggarakan kegiatan Tali Kasih.


Sebanyak 200 bingkisan Tali Kasih yang dikemas dengan ramah lingkungan ini didistribusikan pada 2 April 2024 melalui kantor Eco Bhinneka Muhammadiyah di Lantai 1 Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta Pusat.


Eco Bhinneka Muhammadiyah juga berkolaborasi dengan Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU) untuk menyalurkan 58 paket lebaran dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).


Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Syafiq A Mughni turut hadir mendukung acara ini.


“Ramadan adalah bulan penuh berkah, dan langkah Eco Bhinneka ini merupakan hal baik karena membagi kebahagiaan sekaligus berkampanye Green Ramadan dan Green Idulfitri,” ungkapnya.


Sementara itu, Hening Parlan, Direktur Eco Bhinneka Muhammadiyah, menjelaskan maksud dari kegiatan ini.


“Tali Kasih ini adalah rangkaian kegiatan Eco Bhinneka Muhammadiyah di bulan Ramadan dan Idul Fitri. Ini kelanjutan dari buka puasa yang dilaksanakan pada 27 Maret 2024 yang lalu dengan tema ‘Bersaudara dalam Damai dan Bahagia’ sesama umat, serta menjaga Ibu bumi dalam waktu yang bersamaan,” ucapnya.


Hening juga menyampaikan terima kasih kepada LAZISMU yang memberikan dukungan untuk acara ini. “Agar kebahagiaan itu meluas, mari membayat zakat dan bersedakah melalui LAZISMU,” lanjut Hening.


LAZISMU membuka sejumlah rekening atas nama LAZIS Muhammadiyah untuk program Ramadan 1445 H.


Yakni melalui nomor rekening Bank BSI 915 394 1100, Bank Muamalat 3250 1912 111, dan Bank Mandiri 123 0005 117 371, dengan menyertakan kode unik 100, contoh Rp 50.100. Konfirmasi pilihan Program Ramadan dapat menghubungi nomor WhatsApp 0856-1626-222.


Triningsih, Koordinator Program dan Keuangan Eco Bhinneka Muhammadiyah, menjelaskan bahwa Tali Kasih ini bertujuan untuk membangun serta mempererat hubungan baik dengan para mitra yang mendukung suksesnya program Eco Bhinneka Muhammadiyah.


“Kegiatan ini sangat unik karena bingkisannya kami buat untuk sekaligus mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan di perayaan Idul Fitri, seperti meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai, tidak menggunakan sachet, dan juga menggunakan wadah tidak sekali pakai,” imbuh Tri.


Lebih lanjut, ia berharap Tali Kasih ini menjadi pengingat bahwa berbagi tidak akan membuat kita kurang, bahkan menambah nikmat dan kesyukuran.


“Ayo kampanyekan Green Idul Fitri, melaksanakan Idul fitri yang ramah lingkungan, yang rahmatallillalamin, yaitu rahmat untuk seluruh alam, bukan hanya menjadi rahmat bagi umat Islam atau manusia saja, tapi rahmat bagi alam semesta yang di dalamnya,” ajaknya.


Selamat merayakan Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin, dan selamat mempererat kerukunan dan melestarikan lingkungan.***

Iklan