Iklan

Iklan

,

Iklan

Rektor UM Bandung: Umat Islam Harus Miliki Kinerja Unggul untuk Majukan Bangsa

Redaksi
Rabu, 05 Juni 2024, 08:19 WIB Last Updated 2024-06-05T01:19:25Z


BANDUNG —
Rektor Universitas Muhammadiyah  Bandung Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto MSc IPU menyatakan bahwa umat Islam sebagai khaira ummah (generasi terbaik) harus memiliki kinerja yang unggul untuk kemajuan bangsa dan persyarikatan Muhammadiyah.


Pernyataan ini disampaikan Herry saat mengisi pengajian Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM)  Kota Bandung di Aula Al-Irfani, Kompleks Perguruan Muhammadiyah, Antapani,  Kota Bandung, pada Minggu (02/06/2024).


Di hadapan jamaah, warga, dan pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-Kota Bandung, Herry menegaskan bahwa agama Islam telah mengajarkan kepada umatnya melalui Al-Quran dan Hadis untuk membentuk karakter yang berkinerja unggul. 


“Banyak khazanah ilmu pengetahuan dalam Al-Quran dan Hadis yang mengajarkan kita untuk membentuk kinerja yang unggul,” ujar Herry.


Ia menjelaskan bahwa ada beberapa cara bagi umat muslim agar bisa membentuk kinerja yang unggul. Di antaranya memiliki pemikiran mendalam dan pemahaman terhadap masalah yang dihadapi dapat membantu umat muslim membangun kinerja yang unggul. 


“Ketika kita dapat memahami suatu masalah dengan baik, otomatis kita bisa memberikan solusi dan strategi yang baik pula untuk memecahkan masalah tersebut,” kata Herry.


Di samping dua hal tersebut, Allah SWT juga sudah memerintahkan umat muslim untuk melakukan perubahan agar dapat menghasilkan keunggulan bagi bangsa ataupun persyarikatan. 


“Kita patut bersyukur berada di lingkungan Muhammadiyah dan pendidikan yang memungkinkan kita terus melakukan pencerahan dan menghadirkan perubahan ke arah yang lebih baik,” jelas Herry.


Dalam upaya mencapai kinerja yang unggul, umat muslim perlu membangun sistem yang kokoh untuk menopang struktur keutuhan umat. 


“Keberadaan orang-orang yang luwes dan saling mendukung dalam memperkuat struktur bangunan umat sangat dibutuhkan oleh persatuan ini,” tambahnya.


Umat muslim harus mengutamakan kualitas yang baik dalam melaksanakan berbagai amal dan kegiatan sebagai khaira ummah. Amalan yang baik, kata Herry, merupakan amalan yang dilakukan secara berkualitas dan melebihi ekspektasi yang diharapkan.


Hal lainnya yang perlu dilakukan dalam membangun kinerja yang unggul harus senantiasa memperhatikan efisiensi dalam menggunakan sumber daya yang ada. 


“Jika kita melakukan pemborosan, sumber daya yang ada itu tidak akan menghasilkan apa-apa,” ungkap Herry.


Oleh karena itu, eks Rektor IPB ini mengajak umat muslim khususnya warga Muhammadiyah agar senantiasa menjadi generasi umat yang istimewa untuk mencapai kinerja terbaik dalam berkehidupan. 


“Kinerja terbaik yang kita berikan kepada umat nantinya akan memberikan manfaat yang baik pula kepada kita,” pungkas Herry.***(FK)

Iklan